Minggu, 25 Desember 2011

Tulisan ISD : PEMUDA Dan SOSIALISASI


PEMUDA Dan SOSIALISASI
Masa yang saya alami sekarang yang dinamakan masa muda. masa muda adalah masa transisi dimana kita beradaptasi dari masa kanak-kanak ke masa pendewasaan.  pemuda adalah generasi yang akan melanjutkan visi dan misi negara indonesia, bisa dikataka juga pemuda merupakan harta negara yang seharusnya aspirasinya ditampung dan didengarkan.  biasanya pemikiran para pemuda cenderung kritis,dan mempunyai gagasan yang segar.pemuda mempunyai daya kreativitas yang sangat tinggi. namun, karena emosi yang cenderung labil memungkinkan para pemuda lebih gampang naik darah alias emosian, hehehehe
Jika bicara tentang kemerdekaan , maka sulit dilepaskan dengan kata "pemuda". Bak sayur tanp garam membicarakan kemerdekaan tanpa pemuda.Perjuangan kita mendapatkan kemerdekaan tidak bisa lepas dari peran para pemuda terdahulu.

Lalu apakah Pemuda itu adalah seorang tentara pejuang ? TIDAK.
Definisi pemuda menurut saya adalah seorang individu manusia yang telah memasuki usia produktif. Seorang pemuda biasanya sudah memiliki pendirian tersendiri tentang apa yang ada di sekitarnya. Pemuda akan "bereaksi" jika ada yang aneh pada lingkungannya.

Pemuda juga begitu energik. Inilah mengapa dahulu kemerdekaan kita tidak lepas dari peran pemuda. Keinginan untuk  merubah lingkungannya menjadi lebih baik dan keenergikan pemuda untuk mendapatkan kemerdekaan , itulah salah satu faktor kemerdekaan kita dahulu.

Lalu bagaimana dengan zaman sekarang ? Apa yang dilakukan pemuda zaman sekarang ini ?
Banyak pemuda yang bisa  dikatakan "hancur" sekarang. Pengaruh globalisasi dan pergaulan zaman sekarang membuat hancurnya para pemuda zaman sekarang.
Kira-kira apa yang membuat itu bisa terjadi ? Adakah hubungannya dengan sosialisasi ? Menurut saya ada.
Pemuda zaman sekarang kurang mendapatkan sosialisasi tentang globalisasi dan pergaulan. Kurang kuatnya sosialisasi akan membuat rasa ingin mencoba dari seorang pemuda semakin kuat. Contohnya saja tentang narkoba. Jika tidak adanya sosialisasi tentang narkoba , bisa dipastikan akan banyak pemuda ingin tahu apa itu narkoba dan mungkin mencobanya.

Jika ada sosialisasi mungkin akan membuat pemuda itu berpikir dan mungkin tidak mencobanya. Sama halnya dengan pergaulan. Jika disosialisasikan tentang pergaulan yang tidak baik mungkin para pemuda akan mencoba membuat pergaulan yang lebih baik

Yaaaaah terlepas dari sosialisasi memang semua itu tergantung dari pemuda itu sendiri. Tidak semua pemuda juga buruk. Ada sebagian besar pula pemuda yang berlaku baik. Pemuda-pemuda itu seperti para atlet muda atau para peserta lomba olimpiade. Para pemuda inilah yang harus dicontoh. Tidak sedikit pula pemuda yang mengharumkan nama bangsa lewat olahraga maupun akademik. Ini bagaikan meneruskan perjuangan pemuda terdahulu.

Namun ada hal yang sangat disayangkan. Perjuangan pemuda itu bagai habis manis sepah dibuang. Banyak para atlet kita dilupakan ketika sudah  menurun performanya. Banyak juga pemuda kita yang ahli di bidang akademik diambil oleh negeri asing akibat minimnya penghargaan dari negara kita untuk mereka.

Karena itu tidak heranlah negara kita yang kaya kekurangan SDM yang bermutu. Seharusnya pemerintah memberikan lebih agar para pemuda-pemuda semakin bersemangat mengejar prestasi , toh ini juga baik untuk negara kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar