Minggu, 25 Desember 2011

Tulisan ISD : MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN


MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN

Pada materi Penduduk,Masyarakat dan Kebudayaan saya telah menjelaskan arti dari masyarakat, dimana masyarakat menurut saya adalah  kelompok orang  yang mendiami suatu wilayah dalam kurun waktu yang lama serta memiliki tujuan yang sama dan pada akhirnya dapat membentuk suatu bangsa.
Masyarakat pedesaan adalah masyarakat yang tinggal atau menetap di desa dan jauh dari kota begitu sebaliknya yang di maksud dengan masyarakat perkotaan. Seringkali orang membedakan antara masyarakat pedesaan dengan masyarakat perkotaan, karena memang  sangat berbeda jika kita melihat dari kehidupannya. Masyarakat pedesaan memiliki perilaku yang homogen, kekeluargaan, berdasarkan tradisi atau cultural, kolektivitas yang tinggi dan banyak sesuatu yang sacral.
Pada masyarakat perkotaan memiliki perilaku yang berbeda dengan masyarakat pedesaan diantaranya : individual, heterogen, mobilitas sangat tinggi sehingga dinamik, berorientasi pada rasionalitas dan fungsi.
Semua di atas adalah hal-hal yang menggambarkan perdedaan masyarakat pedesaan dengan maasyarakat perkotaan. Tapi menurut saya perbedaan itu tidak lah harus di perlihatkan, karena antara masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan sangat lah saling terkait dan benar-benar saling membutuhkan.
Contoh keterkaitan itu misalnya : kota sangat bergantung oleh desa di bidang pangan karena bahan makanan yang ada di kota hampir semuanya berasal dari pedesaan. Begitu juga dengan desa yang memang bergantung pada kota karena pusat perekonomian berada di kota.
Oleh sebab itu maka keterkaitan dan ketergantungan antara desa dan kota seharusnya dapat meratakan pembangunan di desa, karena selama ini pembangunan hanya terlihat pesat di kota yang menyebabkan sangat terlihat perbedaan antara kota dan desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar